FightBack Run 2017 #GerakBersama #AgainstSexualViolence

#SayHerName : Workshop Cipta Karya Dalam Rangka Memperingati HAKTP dan Hari Internasional Perempuan Pembela HAM
December 6, 2017
Keseruan Giveback Sale Pundi Perempuan
December 11, 2017

FightBack Run 2017 #GerakBersama #AgainstSexualViolence

FightBack Run 2017 dilaksanakan 26 November 2017 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebagai pembuka dari kampanye internasional “16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan” tahun ini, FightBack Run ingin mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya isu kekerasan seksual yang masih banyak terjadi dan mendukung pengesahan RUU penghapusan kekerasan seksual. Dengan kerja sama antara Indonesia untuk Kemanusiaan, Komnas Perempuan, jaringan masyarakat sipil yang tergabung dalam Jaringan Gerak Bersama , dan para relawan, acara ini dapat berjalan baik.

Ratusan peserta berpartisipasi dalam acara ini. Menjelang pukul 6 pagi para peserta yang sudah memakai jersey FightBack Run lengkap dengan setelan olahraga mulai memadati Kemendikbud. Diawali dengan olahraga zumba sebagai pemanasan dan disambung flag off, para peserta berlari sepanjang 5 kilometer melewati jalan Jenderal Sudirman, menuju Semanggi, Bundaran Senayan, kemudian mencapai finish di Kemendikbud. Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengawali start FightBack Run dan ikut berlari bersama peserta lainnya. Setelah mencapai finish, peserta mengambil medali dan berfoto di tempat yang sudah disediakan. Rasa senang dan puas terpancar dari wajah mereka.

Sejalan dengan pesan yang diangkat dalam kempanye di event ini yaitu tentang penghapusan kekerasan seksual, beberapa peserta terlihat mengenakan atribut berupa poster di punggung mereka yang berbunyi “End Sexual Violence Now”. Hal tersebut menunjukan antusiasme peserta dalam mendukung pesan tersebut.

Kemudian acara dilanjutkan dengan hiburan dan seruan ajakan dari teman-teman musisi. Panggung diisi dengan penampilan dari Simponi, Sisters in Danger, Sanggar Swara, dan Nova Eliza yang membaca puisi mewakili Suara Hati Perempuan Indonesia. Suasana semakin meriah ketika Dimas Beck, Lala Karmela dan Putri Patricia naik ke panggung. Mereka mengajak para peserta dan semua yang hadir untuk bersama-sama melawan kekerasan seksual yang masih marak terjadi. Dimas Beck mengajak khalayak untuk mendukung penghapusan kekerasan seksual dengan berkarya di bidang keahlian masing-masing.

Kemudian masyarakat yang hadir bersama-sama menandatangani spanduk panjang yang sudah disiapkan. Tanda tangan di spanduk ini menjadi simbol dukungan dan persetujuan masyarakat bahwa mereka mendukung agar RUU penghapusan kekerasan seksual segera disahkan.

Beberapa peserta merespon positif adanya acara ini. “Event yang sangat bagus, apalagi kita bisa berlari bersama melawan kekerasan (seksual) terhadap perempuan, kita gerak bersama. Kita maju bersama, kita dukung perempuan Indonesia”, tutur Kamto Adi Saputra, salah satu peserta.

FightBack Run juga menjadi event penggalangan dana publik untuk Pundi Perempuan yang digagas oleh Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan dikelola oleh Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa). Harapannya tentu saja semakin banyak dana yang terhimpun semakin banyak pula perempuan korban kekerasan yang dapat dibantu.

IKa berterima kasih pada panitia gabungan yang terdiri dari staf IKa, staf Komnas Perempuan, Komunitas Jakarta Feminist Discussion Group, Gerak Bersama, beserta 60 relawan yang turut memberikan sumbangsih dalam bentuk waktu, tenaga dan kerjasama yang luar biasa baik. Tidak lupa juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta para staf yang bertugas dan membantu persiapan dan kegiatan sehingga semua berjalan lancar. Event ini merupakan pengalaman pertama yang berharga bagi IKa dan teman-teman yang dapat memberikan pelajaran bagi kegiatan ke depan.

Total peserta yang mendaftar dan membayar baik online maupun offline sebanyak 355 orang, tentunya memiliki kepedulian dan keinginan untuk penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Donasi terkumpul dari pembelian setiap paket lari sejumlah Rp 15,710,000,- yang didedikasikan untuk Pundi Perempuan.

 

Sahabat yang belum berkesempatan berdonasi, IKa masih membuka wadah donasi melalui:
www.kitabisa.com/fightbackrun

Donasi dapat diberikan sampai 30 Desember 2017.

Seluruh donasi yang terkumpul akan dihibahkan pada lembaga atau komunitas yang membantu pelayanan dan pendampingan perempuan korban kekerasan di seluruh Indonesia melalui Pundi Perempuan.

(JL, GA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *