Penggalangan Dana dari Pengunjung Hotel untuk Pundi Perempuan

Panah 7 Srikandi, Hidup Perempuan yang Melesat Jauh
January 4, 2019

Penggalangan Dana dari Pengunjung Hotel untuk Pundi Perempuan

9 hotel di Jakarta mengajak para tamu yang menginap untuk berdonasi bagi Pundi Perempuan. Ini merupakan rangkaian dari acara solidarity week yang diadakan hotel-hotel di bawah Accor group bersama Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan, Desember 2018 lalu.

Dalam acara solidarity week yang biasa digelar setiap tanggal 10-16 Desember, 9 hotel tersebut antaralain Hotel Mercure Cikini, Hotel Ibis Budget Cikini, Hotel Ibis Budget Menteng, Hotel Ibis Senen, Hotel Ibis Budget Tanah Abang, Hotel Ibis Harmoni, Hotel Ibis Kemayoran, Hotel All Seasons Thamrin dan Hotel Mercure Sabang biasanya mengadakan pameran dan membuka stand penjualan barang di lobby hotel. Namun di akhir tahun 2018, selain pameran, 9 hotel juga melakukan penggalangan dana melalui donasi yang berasal dari para pengunjung hotel bersama IKa dan Komnas Perempuan.

Poster dan selebaran yang mengajak stop kekerasan terhadap perempuan terpampang di lobby hotel. Pengunjung diberikan informasi soal donasi ketika mereka mulai datang maupun meninggalkan hotel.

Program ini juga merupakan rangkaian penggalangan dana yang dilakukan IKa dan Komnas Perempuan di 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan yang jatuh pada 25 November- 10 Desember 2018. Maka penggalangan dana kemudian menjadi bagian dari kampanye ini.

Direktur Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Anik Wusari menyatakan bahwa penggalangan yang dilakukan bersama perusahaan- perusahaan ini merupakan hal yang sangat penting mengingat hotel adalah ruang yang banyak dikunjungi publik. Jadi menjadikan hotel sebagai tempat untuk penggalangan donasi bagi para perempuan merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

“Publik bisa terhubung dengan para perempuan korban, dan hotel bisa menjadi ruang untuk menghubungkan publik,” kata Anik Wusari.

Ruang-ruang publik yang dipadati masyarakat seperti hotel bisa menjadi salah satu ruang bagi penggalangan dana dimana ajakan solidaritas seperti ini dilakukan secara efektif. Para pengunjung hotel selama solidarity week ini kemudian berdonasi Rp. 1000 (seribu rupiah) perorangnya. Dari 7 hari solidarity week ini dana yang terkumpul sebesar Rp. 5.013.500 (lima juta tiga belas ribu limaratus rupiah) untuk didonasikan bagi para perempuan korban kekerasan.

Pundi Perempuan merupakan women’s fund (dana hibah perempuan) pertama di Indonesia yang hadir dalam konteks persoalan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia dan dalam dinamika dana yang tersedia untuk perubahan sosial. Digagas oleh Komnas Perempuan pada tahun 2001, dan mulai tahun 2003 dikelola bersama IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan). Pundi Perempuan menghadirkan model hibah yang memberdayakan, sesuai dengan nilai-nilai perubahan sosial yang diharapkan. Kegiatan dalam Pundi Perempuan antaralain melakukan penggalangan, pengelolaan, pengembangan dan pendistribusian sumber dana yang akuntabel, memberi dukungan dan mendorong keberlanjutan organisasi, komunitas atau individu yang memiliki inisiatif penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Memberikan dukungan bagi kesehatan, keselamatan, kesejahteraan dan kapasitas perempuan pembela HAM. Serta membangun dan mengembangkan jaringan baik di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk memperkuat peran Pundi Perempuan.

Diskusi Stop Kekerasan terhadap Perempuan

“Saya pernah mendapatkan pelecehan seksual dari klien hotel, namun saya dengan tegas melawan,” kata salah satu karyawan hotel.

Ini merupakan salah satu pemaparan yang dilakukan 1 karyawan hotel dalam seminar stop kekerasan terhadap perempuan yang dilakukan 9 hotel bersama Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan pada Jumat, 21 Desember 2018 sebagai penutup acara penggalangan dana solidarity week.

Karyawan lain juga bercerita bahwa ia juga pernah mendapatkan cat calling atau digoda dengan bersiul ketika pulang di malam hari.

“Apakah cat calling ini harus dibiarkan?,” Tanya Magdalena Sitorus.

Magdalena Sitorus merupakan komisioner Komnas Perempuan yang berbicara dalam seminar stop kekerasan terhadap perempuan bersama para karyawan hotel ini. Magdalena mencontohkan beberapa ujaran, ajakan, paksaan yang menjurus kepada perilaku kekerasan seksual.

“Bahwa cara-cara ini harus dilawan atau dilaporkan, karena jika tidak maka kekerasan seperti ini akan terus berlanjut dan menjadi budaya di lingkungan kita.”

Hotel di bawah Accor sendiri seperti diungkapkan General Manager Hotel Mercure Jakarta Cikini, Lisa P. Sanjoyo sudah mempunyai aturan bagi semua karyawan untuk bersama-sama melakukan stop kekerasan terhadap perempuan. Aturan ini bahkan sudah tertulis dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di dalam serikat pekerja hotel. Jadi dukungan penggalangan dana ini merupakan dukungan yang diberikan sebagai salah satu bentuk komitmen mereka untuk stop kekerasan terhadap perempuan bagi publik.

Seminar tersebut merupakan penutup acara penggalangan, karena sangat penting melakukan penggalangan yang kemudian diteruskan untuk pendidikan publik. Solidarity week sendiri merupakan hari solidaritas yang diperingati setiap tanggal 20 Desember setiap tahunnya. Solidarity week setiap tahunnya dilakukan untuk memperingati kemanusiaan, kebersamaan dan solidaritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *