Penggalangan Dana Pundi Perempuan selama Kampanye 16 hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan: 25 November – 10 Desember 2018

Catatan dari Yogyakarta: Cerita-Cerita Inspiratif dari Pertemuan Pandu Inklusi Nusantara
November 12, 2018
Tentang Give Back Sale
November 26, 2018

Penggalangan Dana Pundi Perempuan selama Kampanye 16 hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan: 25 November – 10 Desember 2018

 

Jakarta- Dalam rangka kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan, IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan) bersama Komnas Perempuan akan mengadakan serangkaian acara pengalangan dana melalui Pundi Perempuan. Penggalangan ini dilakukan untuk membantu individu/ komunitas/ lembaga pengada layanan (Women’s Crisis Center/ WCC) yang membantu perempuan dan anak korban kekerasan, perempuan pekerja kemanusiaan, dan komunitas/ organisasi perempuan di Indonesia.

Penggalangan dana ini akan dilakukan selama 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan yaitu dari 25 November- 10 Desember 2018. Ada 3 macam penggalangan dana yang dilakukan yaitu:

  1. Give Back Sale

Give Back Sale adalah event penjualan barang-barang yang dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. Barang-barang yang dijual berupa: pakaian, sepatu, aksesories, dll. Event Give Back Sale akhir tahun  ini akan diadakan di Ke:Kini ruang bersama- Jl. Cikini Raya 45, Jakpus selama 3 hari yaitu pada tanggal 13-15 Desember 2018.

Saat ini kami masih membuka donasi barang-barang dari masyarakat yang kami kumpulkan,  kami jual dan donasikan melalui event Give Back Sale hingga tanggal 5 Desember 2018.

Kontribusi untuk Give Back Sale bisa dilakukan melalui 2 hal yaitu dengan cara: menyumbang barang dalam call for donation (sebelum pelaksanaan Give Back Sale) atau membeli barang (pada saat pelaksanaan Give Back Sale).

Untuk call for donation, masyarakat bisa mengirimkan barang-barangnya (pakaian, assesories, buku, dll) dan mengirimkan ke Kantor IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan) Jl. Cikini Raya 43, Jakpus, telp (021) 3152726 dan melalui surel: info@indonesiauntukkemanusiaan.org

  1. Penggalangan dana melalui rekening Pundi Perempuan

Kami juga membuka penggalangan dana melalui rekening Pundi Perempuan Rek. Mandiri: 123-000-529-000-4 atau Rek. BCA: 342-305-9008. Cara mengirimkannya: tambahkan kode nominal angka 1 di belakangnya. Misal: donasi Rp. 200.001 atau Rp. 250.001

  1. Penggalangan dana melalui kitabisa.com

 Semua penggalangan dana yang terkumpul selama 16 hari akan didonasikan melalui Pundi Perempuan. Pundi Perempuan merupakan women’s fund (dana hibah perempuan) pertama di Indonesia yang hadir dalam konteks persoalan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia dan dalam dinamika dana yang tersedia untuk perubahan sosial. Dengan berdonasi melalui Give Back Sale, maka kita akan membantu banyak perempuan dan lembaga pengada layanan perempuan untuk menuntaskan kasus-kasus kekerasan perempuan.

Digagas oleh Komnas Perempuan pada tahun 2001, dan mulai tahun 2003 dikelola bersama IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan). Pundi Perempuan menghadirkan model hibah yang memberdayakan, sesuai dengan nilai-nilai perubahan sosial yang diharapkan. Kegiatan dalam Pundi Perempuan antara lain melakukan penggalangan, pengelolaan, pengembangan dan pendistribusian sumber dana yang akuntabel, memberi dukungan dan mendorong keberlanjutan organisasi, komunitas atau individu yang memiliki inisiatif penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Memberikan dukungan bagi kesehatan, keselamatan, kesejahteraan dan kapasitas perempuan pembela HAM. Serta membangun dan mengembangkan jaringan baik di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk memperkuat peran Pundi Perempuan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *