Penerima Dana Hibah Pundi Perempuan 2019

Jakarta- Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) bersama Komnas Perempuan di tahun 2019 ini kembali memberikan hibah Pundi Perempuan 2019. Hibah Pundi Perempuan diberikan kepada organisasi/ lembaga/ individu yang selama ini bekerja pada perempuan korban kekerasan dan mengedukasi komunitas sekitarnya.

Dana hibah Pundi Perempuan berasal dari penggalangan dana publik yang dikelola Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) sebagai bentuk kesadaran kolektif akan upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

Hibah ini diberikan untuk mendukung individu/ komunitas/ lembaga pengada layanan (Women’s Crisis Center/ WCC) yang membantu perempuan korban kekerasan, perempuan pekerja kemanusiaan, dan komunitas/ organisasi perempuan di Indonesia. Lembaga penerima dana hibah Pundi Perempuan adalah lembaga masyarakat sipil yang memenuhi kriteria antaralain telah memberi layanan bagi perempuan korban kekerasan, tidak sedang menerima dana bantuan operasional dari pemerintah maupun lembaga donor lainnya dan memiliki sistem kerja yang menjamin akuntabilitas.

Sebanyak 16 lembaga telah mengirimkan proposal dana hibah Pundi Perempuan selama periode akhir Januari- akhir Februari 2019. Setelah melalui tahap seleksi Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan, maka 3 komunitas terpilih selanjutnya berhak menerima dana hibah masing-masing @Rp. 20 juta rupiah untuk mendanai pendampingan dan pelayanan korban kekerasan perempuan. 3 komunitas terpilih tersebut adalah:

1. Layanan Berbasis Komunitas (LBK) Bintang Kejora, Sikka, Nusa Tenggara Timur
Terbentuk pada Januari 2017 yang beralamat di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), LBK Bintang Kejora selama ini melakukan pelayanan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan. Dana hibah ini akan digunakan untuk pendampingan korban serta melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap semua kalangan melalui posyandu-posyandu,RT, dusun, kelompok doa dan kelompok pengajian, juga untuk anak dan remaja.

2. Yayasan Samahita, Bandung, Jawa Barat
Yayasan Samahita merupakan lembaga yang diinisiasi oleh para perempuan muda dalam menangani perempuan korban kekerasan. Hibah ini akan digunakan untuk membuka hotline pengaduan kekerasan terhadap perempuan, membuat buku saku tentang kekerasan terhadap perempuan bagi mahasiswa dan dosen dan pelatihan bagi mahasiswa untuk pendampingan perempuan korban kekerasan.

3. Yayasan Spirit Paramacitta, Denpasar, Bali
Yayasan spirit Paramacitta adalah sebuah organisasi non pemerintah yang bergerak dibidang peningkatan kualitas dukungan terhadap orang dengan HIV dan AIDS /ODHA dan orang yang terdampak/ keluarga Odha. Dana hibah Pundi Perempuan ini akan digunakan untuk pendampingan bagi perempuan korban kekerasan seksual di Bali.

Para penerima hibah ini selanjutnya akan melaksanakan program/ kegiatannya mulai April- Desember 2019.

Pundi Perempuan adalah upaya penggalangan dana bagi lembaga pengada layanan yang bekerja untuk pendampingan perempuan korban kekerasan, serta dana darurat yang dapat diberikan untuk perempuan pembela/pejuang/pekerja HAM yang mengalami ancaman keselamatan maupun kondisi kesehatan kritis baik psikis

Digagas oleh Komnas Perempuan pada tahun 2000, dan mulai tahun 2003 dikelola bersama Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Pundi Perempuan menghadirkan model hibah yang memberdayakan sesuai dengan nilai-nilai perubahan sosial yang diharapkan.

Selama ini sebanyak 90 organisasi/ individu sudah menerima dana hibah Pundi Perempuan yang terdiri dari: 78 organisasi layanan, 3 organisasi korban, 5 individu pekerja kemanusiaan dan 4 dana bergulir bagi pengembangan ekonomi perempuan.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa melalui surel: info@indonesiauntukkemanusiaan.org atau via telp. Lilik HS (0812133500)

IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan) adalah lembaga sumber daya yang menggalang dana, pengetahuan, jaringan, dan kerelawanan bagi pemajuan dan keswadayaan gerakan sosial untuk kemanusiaan dan kelestarian alam

Jl. Cikini Raya 43 Jakpus, telp (021) 3152726
Indonesiauntukkemanusiaan.org
FB: indonesiaforhumanity
IG: Indonesiauntukkemanusiaan
Twitter: kabar_ika