Pengenalan dan Pemanfaatan API untuk Proses Payment Gateway

29 Jan 2021

Masih dengan pelatihan yang sama, kerja sama antara BRI Institute dengan Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) pelatihan kali ini merupakan pelatihan yang keempat yang diadakan oleh BRI kepada staf IKa yang berlangsung pada 3 Desember 2020 lalu. Dengan tema “Pengenalan dan Pemanfaatan API untuk Proses Payment Gateway”.

API (Application Programming Interface) dalam garis besar api merupakan jembatan antar sistem bisa jadi opsional untuk mengintegrasikan antara sistem yang lain. Jelas Rizky Hesananda (Dosen BRI Institute)

Selanjutnya penerapan api pada payment gateway. Payment gateway sendiri adalah jasa pembayaran online yang ketika diintegrasikan dengan platform e-commerce kita, akan berperan sebagai chanel untuk membayar dan menerima bayaran.
Setelah memahami apa itu payment gateway, tidak cukup jika tidak mengetahui peran dari payment gateway. Peran utama dari payment gateway ini ialah untuk meng-approve proses transaksi antara merchant dan pelanggan. Untuk layanan payment gateway bisa disediakan oleh bank secara langsung atau penyedia layanan pembayaran.

Pernah tidak kalian sebagai pedagang atau pengguna payment gateway bertanya-tanya bagaimana memilih gateway pembayaran yang tepat untuk situs e-commerce anda? Jika iya kalian perlu mengetahui:

Yang pertama keamanan: transaksi yang aman adalah kebutuhan pertama dan terpenting untuk bisnis apa pun yang mengumpulkan pembayaran secara online. Pelanggan harus percaya pada transaksi tersebut dan bahwa informasi pribadi dan keuangan mereka akan aman saat bertransaksi online. Layanan seperti itu harus sesuai dengan standar PCI (Payment Card Industry)

Yang kedua pengalaman pelanggan: payment gateway harus menyediakan pemrosesan pembayaran yang unik dan cepat, serta penyesuaian pembayaran juga harus dioptimalkan untuk smartphone, aman dan nyaman
Yang ketiga penerimaan pembayaran seluruh dunia karena hidup dan bekerja di pasar global. Payment gateway harus mendukung transaksi multi mata uang.

Yang keempat merchant onboarding: payment gateway seharusnya menyediakan orientasi merchant tercepat. Karena transaksi online adalah kebutuhan utama dunia saat ini. Biaya dan tarif pemrosesan dan pengaturan harus sesuai dengan anggaran pedagang.

Yang kelima opsi pembayaran pelanggan harus dapat memilih metode pembayaran yang paling nyaman baik itu kartu kredit / debit, netbanking, dompet online atau lainnya. Jelas Rizky Hesananda (Dosen BRI Institute)

Manfaat dari payment gateway:
White label, fraud and risk management, dompet payment card industry data security standard (PCI DSS Wallet), api tools yang mudah diintegrasikan.

Pembayaran digital tidak memandang waktu seperti halnya ada atau tidaknya pandemi Covid-19 tetap melakukan transaksi contoh berdonasi, belanja online, pembayaran listrik dan lain sebagainya. Terlebih lagi di era sekarang ini, transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan mandiri karena bisa dilakukan via smartphone atau ke gerai pembayaran terdekat.