Pengelolaan Bisnis UMKM dengan Memanfaatkan Teknologi

19 Feb 2021

Serial peningkatan kapasitas sekaligus pengabdian masyarakat kerja sama antara BRI Institute dan Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) kembali digelar. Seri kelima dalam serial peningkatan kapasitas ini menghadirkan Ayi Wahid sebagai pembicara dari BRI Institute. Satu hal yang spesial dalam gelaran seri peningkatan kapasitas kelima ini yaitu kehadiran perwakilan dari Circa Handmade dan Komunitas Ibu Jamu Sragen sebagai mitra IKa dalam program pilot ekonomi solidaritas. Pada seri kali ini, diberikan pengantar mengenai pencatatan keuangan terhadap mitra IKa.

Seperti halnya UMKM adalah sisi bisnis mikro kecil dan menengah, siklus pada UMKM ini tidak jauh dengan pengambil kebijakan, siklus bidang pasar dan siklus UMKM. Secara garis besar bisnis UMKM dan crowdfunding yang lainnya berkaitan dengan dana.

Berbicara tentang dana tidak jauh dengan pembukuan. Pembukuan sendiri adalah proses pencatatan data perusahaan dengan suatu cara tertentu dari bukti awal sampai pelaporan.
Mengapa pencatatan sangat penting dan dibutuhkan? Karena dengan adanya pencatatan dapat memberikan informasai pada pelaku bisnis untuk merencanakan, pengawasan, pengambilan keputusan baik produksi, harga maupun aspek yang lainnya hal tersebut dapat dilihat dari laporan keuangan ataupun neraca laba rugi dari pencatatan tersebut bisa menganalisa data perusahaan serta laba rugi dari hasil produksi.

Selain pencatatan kita juga perlu mengetahui siapa pengguna laporan keuangan dan fungsinya. Yang pertama kreditur: memutuskan memberi pinjaman atau pembiyaan kepada entitas, tingkat bunga atau hasil, dan kemampuan entitas untuk menyelsaikan kewajiban pada saat jatuh tempo
Yang kedua investor: memutuskan memberi modal kepada entitas dan imbal hasilnya
Yang ketiga owner: pemilik usaha berkepentingan atas informasi keuangan untuk menilai kinerja usahanya . Ayi Wahid (Dosen BRI Institute)

Yang perlu dipahami dalam melakukan pembukuan:
- Catat semua transaksi tunai di buku kas, perhatikan penulisan tanggal, uraian, kolom uang masuk/keluar dan Saldo
- Perhatikan uang masuk, catat darimana sumbernya
- Perhatikan uang keluar, digunakan untuk keperluan apa saja
- Simpan bukti transaksi
- Perhatikan kecocokan antara jumah uang tunai dengan jumlah saldo akhir buku khas

Dengan berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh BRI Institute dan Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) ini, berharap dapat membantu masyarakat untuk lebih memahami lagi bagaimana UMKM yang berkaitan dengan dana ini dapat terus berjalan dengan adanya pembukuan yang sudah terencana dengan baik.