Grab Donasi Bagi Perempuan Korban Kekerasan Seksual Bersama Pundi Perempuan

“Jika kamu pemakai Grab, kamu bisa langsung berdonasi melalui Point Grab Rewards untuk para perempuan Indonesia.”

April merupakan satu bulan penting bagi perempuan di Indonesia. Salah satunya ditandai dengan pemikiran-pemikiran Kartini dari isi surat-surat Kartini. Catatan dan surat penting dari buku Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang” ini sering diperingati di tanggal dimana Kartini lahir, 21 April.

Surat-surat pentingnya ini berisi pemikirannya tentang perempuan, feodalisme yang menindas perempuan, poligami dan tragedi perkawinan paksa yang terjadi kala itu.

Mengambil momen di bulan April kali ini, dari 1-23 April 2019, Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan bersama Grab kemudian melakukan kampanye bersama untuk perempuan Indonesia. Kampanye ini untuk mengajak masyarakat, semua lapisan untuk berdonasi bagi para perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia.

Donasinya dilakukan dengan klik di point Grab reward. Jadi jika kamu pemakai Grab, kamu bisa langsung berdonasi melalui point Grab reward. Donasi yang terkumpul ini kemudian akan digunakan untuk mendukung para perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia. Direktur Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Anik Wusari mengatakan bahwa dukungan untuk Pundi Perempuan ini nanti disalurkan bagi perempuan korban kekerasan seksual.

“Kampanye ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menyumbang, berdonasi bagi para perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia.”

Selama ini dukungan dari Pundi Perempuan diberikan pada women crisis center di Indonesia dari Aceh hingga Papua. Women crisis center selama ini bekerja untuk melakukan pendampingan bagi perempuan korban kekerasan sekual, dari mendampingi korban menyelesaikan kasus yang dialami hingga melakukan kampanye dan melakukan perubahan kebijakan bagi perempuan korban kekerasan seksual.

Dukungan yang datang dari Grab sebagai penyedia transportasi online ini dinilai sangat penting mengingat banyak perempuan sebagai pengguna transportasi online. Apalagi di Jakarta, transportasi seperti ini banyak dibutuhkan. Para pekerja perempuan misalnya, banyak yang tiap hari membutuhkan transportasi online. Ketika dalam perjalanan pulang di malam hari, pasti mereka membutuhkan kenyamanan dan keamanan.

Maka penting untuk mengajak semua pihak termasuk perusahaan, bekerjasama dalam melakukan aksi stop kekerasan seksual bagi perempuan. Kampanye ini juga merupakan bagian dari kampanye stop pelecehan dan kekerasan seksual di ruang-ruang transportasi.

Jadi jika kamu pemakai Grab, kamu bisa langsung berdonasi dengan cara:
1. Buka aplikasi Grab masing-masing, lalu lihat menu di bagian bawah, klik akun
2. Setelah itu akan muncul jumlah point kita
3. Setelah kita tahu jumlah point kit, selanjutnya adalah cari rewards
4. Lalu pilih: Pundi Perempuan
5. Terakhir, klik tombol tukar point
6. Selamat, anda sudah berhasil menukar 200 point menjadi lima ribu rupiah untuk Pundi Perempuan.