Institut untuk Kemanusiaan Kembali Salurkan Hibah Pundi Perempuan

06 Mar 2019

Sumber: https://mediaindonesia.com/read/detail/221237-institut-untuk-kemanusiaan-kembali-salurkan-hibah-pundi-perempuan

NDONESIA untuk Kemanusiaan (Ika) bersama Komnas Perempuan kembali memberikan Pundi Perempuan. Hibah Pundi Perempuan diberikan kepada organisasi, lembaga, atau individu yang selama ini bekerja untuk perempuan yang jadi korban kekerasan dan mengedukasi komunitas sekitarnya.

Dana hibah berdasarkan keterangan resmi Ika, berasal dari penggalangan dana publik. Dana itu dikelola Ika sebagai bentuk kesadaran kolektif akan upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

Lembaga penerima dana hibah adalah lembaga masyarakat sipil yang memenuhi kriteria, seperti telah memberi layanan bagi perempuan korban kekerasan, tidak sedang menerima dana bantuan operasional dari pemerintah maupun lembaga donor lainnya, dan memiliki sistem kerja yang menjamin akuntabilitas.

Sebanyak 16 lembaga telah mengirimkan proposal untuk bisa menerima Pundi Perempuan selama periode akhir Januari- akhir Februari tahun ini. Setelah melalui tahap seleksi yang dilakukan Ika dan Komnas Perempuan, didapat tiga tiga komunitas yang berhak menerima dana hibah masing-masing Rp20 juta.

Baca juga: Perempuan dan Anak di Pengungsian Rentan Jadi Korban Kekerasan

Dana tersebut untuk mendanai pendampingan dan pelayanan korban kekerasan perempuan. "Tiga komunitas terpilih tersebut adalah, Layanan Berbasis Komunitas (LBK) Bintang Kejora (Nusa Tenggara Timur), Yayasan Samahita (Jawa Barat), dan Yayasan Spirit Paramacitta, (Bali)," terang Ika dalam keterangan resminya, Rabu (6/3).

Para penerima hibah itu selanjutnya akan melaksanakan programnya mulai April-Desember. Adapun, Pundi Perempuan telah diberikan ke 81 organisasi, lima individu pekerja kemanusiaan, dan empat dana bergulir bagi pengembangan ekonomi perempuan. (RO/OL-7)