Rumah Tanpa Jendela Luncurkan Buku Aksi Mural Pilpres Damai

Buku bergambar mural ini baru saja diterbitkan oleh kelompok Rumah Tanpa Jendela (RTJ), Mei 2019. Buku ini berisi aksi mural Pilpres damai yang dilakukan di Depok, Jawa Barat oleh RTJ yang didukung oleh Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Koalisi Seni Indonesia (KSI) dalam program dana hibah Pundi Budaya 2018.

Tak hanya mural, namun Rumah Tanpa Jendela kemudian menulis karya-karya mural ini ke dalam sebuah buku. Rahman Seblat, inisiator RTJ mengatakan ini.

“Buku ini sebagai bukti, paling tidak orang menjadi tahu bahwa anak-anak muda di Depok juga berjuang untuk keberagaman.”

Rieky Hartanto dan Agus Santo adalah forografer yang mengambil gambar-gambar ini. Sebelumnya mural penah dipamerkan di DPRD Depok 25-27 Februari 2019, di Jalan Margonda, di Gang Karet dan Kedai Kopi Kongdjie. Terlihat dukungan anggota DPRD Depok Sahat Farida dan Peradi.

Mural ini merupakan karya seniman RTJ seperti Benny, Rahman Seblat, Armando, Valent, Beny Andika, Uci Sanusi. Dalam pengantar buku dipaparkan bahwa tidak hanya seniman yang terlibat dalam kegiatan ini, namun juga masyarakat sekitar ikut terlibat. Beberapa pemilik bangunan di sekitar tempat kampanye ini merasa senang karena pagarnya digambar mural Pemilu damai. Mereka merasakan bangga bisa menjadi bagian dari kampanye keberagaman. Beberapa warga sekitar juga ikut membantu kegiatan mural ini secara langsung.

Pameran ini juga menarik perhatian anggota DPRD Depok lainnya, sebagian setuju dengan kampanye Pemilu damai dan ikut berfoto serta berdiskusi dengan para seniman mengenai tema mural dan kesenian secara lebih luas.