Call for Proposal Dana Hibah Pundi Perempuan 2019

Jakarta- Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan di tahun 2019 ini kembali membuka dana hibah Pundi Perempuan. Dana hibah akan diberikan pada komunitas/organisasi masyarakat sipil yang memberikan layanan dan pendampingan kepada perempuan korban kekerasan di Indonesia.

Untuk itu kami mengundang komunitas/ organisasi untuk mengikuti seleksi penerimaan Dana Hibah Pundi Perempuan tahun 2019 dengan cara mengirimkan proposal. Proposal dana hibah ini bisa dikirimkan dari tanggal 23 Juli hingga 20 Agustus 2019.

Komunitas/ organisasi yang akan dipilih harus memenuhi syarat sebagai berikut: komunitas/ organisasi yang telah memberikan layanan bagi perempuan korban kekerasan minimal 5 kasus perbulannya, tidak sedang menerima dana bantuan operasional baik dari pemerintah maupun lembaga donor lainnya, memiliki sistem kerja yang menjamin adanya akuntabilitas serta menyertakan 2 nama referensi dalam proposal.

Proposal yang masuk akan diseleksi oleh panitya pengarah dari Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan. Sedangkan pengumuman penerima dana hibah akan dilakukan pada akhir September 2019. Tahap berikutnya adalah tahap penggunaan dana oleh komunitas/ organisasi terpilih.

3 (tiga) komunitas/ organisasi yang terpilih akan memperoleh dana hibah sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) yang dapat digunakan untuk mendanai pendampingan dan pelayanan kepada perempuan korban kekerasan.

Program Pundi Perempuan ini mulai dilakukan pada tahun 2003. Hingga saat ini Pundi Perempuan telah memberikan dukungan kepada 80 organisasi penyedia layanan bagi perempuan korban kekerasan, yang tersebar di hampir di seluruh wilayah Indonesia dari Papua hingga Aceh.

Pundi Perempuan merupakan women’s fund (dana hibah perempuan) pertama di Indonesia yang hadir dalam konteks persoalan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia dan dalam dinamika dana yang tersedia untuk perubahan sosial.

Digagas oleh Komnas Perempuan pada tahun 2001, dan mulai tahun 2003 dikelola bersama IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan). Pundi Perempuan menghadirkan model hibah yang memberdayakan, sesuai dengan nilai-nilai perubahan sosial yang diharapkan. Kegiatan dalam Pundi Perempuan antaralain melakukan penggalangan, pengelolaan, pengembangan dan pendistribusian sumber dana yang akuntabel, memberi dukungan dan mendorong keberlanjutan organisasi, komunitas atau individu yang memiliki inisiatif penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Memberikan dukungan bagi kesehatan, keselamatan, kesejahteraan dan kapasitas perempuan pembela HAM. Serta membangun dan mengembangkan jaringan baik di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk memperkuat peran Pundi Perempuan.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa melalui surel: info@indonesiauntukkemanusiaan.org atau via telp. Ika (081386735816)

Bagaimana Format Call for Proposal Dana Hibah Pundi Perempuan?

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan di tahun 2019 ini kembali membuka dana hibah Pundi Perempuan. Dana hibah akan diberikan pada komunitas/organisasi masyarakat sipil yang memberikan layanan dan pendampingan kepada perempuan korban kekerasan di Indonesia.

Bagi organisasi/ komunitas yang ingin mengirimkan proposal pengajuan dana hibah atau call for proposal hibah Pundi Perempuan, anda bisa mengirimkan dengan format seperti berikut:

1. Informasi Organisasi/ Komunitas
A. Nama organisasi/ komunitas:
B. Nama pimpinan organisasi/ komunitas:
C. Alamat email dan nomer telp:

2. Informasi tentang Program yang Diajukan
A. Nama program:
B. Periode program:
C. Nominal anggaran yang diajukan:
D. Nama penanggungjawab program (alamat, email dan nomer telp)
E. 2 referensi (2 nama pemberi referensi, email dan no telp)

3. Format Proposal

A. Latar Belakang/ Pengantar

Jelaskan mengenai latar belakang organisasi/ komunitas dan layanan pendampingan kepada perempuan korban kekerasan yang telah dilakukan selama ini, berada di wilayah mana, persoalan-persoalan yang dihadapi organisasi/ komunitas dalam melakukan pendampingan selama ini (dapat dijelaskan tentang jumlah dan jenis kasus yang ditangani, tantangan yang dihadapi baik di tingkat korban, masyarakat dan pemerintah). Lalu bagaimana relasi dan siapa saja yang pernah dilibatkan (jelaskan jaringan anda, bagaimana anda mendapat dukungan dana, pengetahuan yang dihasilkan dan kerelawanan yang diterima)

B. Uraian Program
Jelaskan secara singkat kegiatan yang ingin didukung oleh dana hibah Pundi Perempuan, tujuan kegiatan dan siapa saja pihak yang ingin dilibatkan?

C. Hasil yang Diharapkan
Jelaskan secara singkat tentang wilayah program serta tantangan dan mitigasi yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan kegiatan dan bagaimana mengantisipasinya?

**4. Budget/ pengeluaran **

Tuliskan budget atau pengeluaran kegiatan dengan format pengajuan budget bisa dikirimkan dengan format seperti berikut:
A. Nama lembaga:
B. Judul program:
C. Kegiatan yang akan dilakukan dan periode pelaksanaan program:
D. Kebutuhan keuangan:

5. Lampiran
A. Profil singkat organisasi
B. Fotocopi rekening bank atas nama lembaga atau fotocopi rekening bank tabungan bisnis/ bersama dengan 2 nama orang yang berada dalam struktur organisasi/ komunitas
C. Struktur organisasi & pembagian tugas (jika ada)