Komunitas Pemberdaya

Apa itu Komunitas Pemberdaya?
Komunitas Pemberdaya adalah sebuah strategi yang dikembangkan oleh Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dalam rangka menjalankan perannya sebagai lembaga sumber daya, untuk membentuk komunitas yang berperan dalam penggalangan, penyaluran, pengelolaan dan pemaknaan sumber daya PUBLIK..

Siapa Komunitas Pemberdaya?
Kumpulan organisasi, kelompok maupun individu yang bekerja sama dalam mengembangkan kapasitas berbagi daya untuk mendukung kerja-kerja kemanusiaan dan kelestarian alam.

Anggota Komunitas Pemberdaya bekerja berdasarkan prinsip-prinsip kesukarelaan, integritas, solidaritas, kesetaraan, keterbukaan dan keberagaman, dalam menjalankan peran-peran ini:

  • Peran penggalang dijalankan oleh anggota yang memiliki atau menggalang sumber daya, dalam bentuk dana, pengetahuan, jejaring dan/atau kerelawanan, untuk dihibahkan guna mendukung kerja-kerja kemanusiaan dan pelestarian alam.
    Mitra: lembaga donor internasional Hivos, Novib, Triple 11, Oxfam Hongkong, DFAT/The Asia Foundation, Global Fund For Women, New Zealand Aid, TIFA, British Embassy.
    Perusahaan: The Body Shop, Wangsa Jelita, Sri Kendes, Roro Kenes
    Individu: Staff dan Komisioner Komnas Perempuan, alumni sekolah menengah, universitas

  • Peran pemanfaat dijalankan oleh anggota yang melakukan kerja-kerja kemanusiaan dan/atau pelestarian alam dengan hibah Catur Daya yang dimanfaatkan dan bersedia untuk terus mengembangkan kapasitas hingga pada
    gilirannya dapat berperan sebagai penggalang daya bagi individu, kelompok dan/atau organisasi/lembaga lainnya.
    Mitra: para penerima hibah IKa dari Papua sampai Aceh, jaringan IKa yang memperoleh pengetahuan dan jaringan dari kerja-kerja IKa

  • Peran pengelola dijalankan oleh IKa, sebagai lembaga sumber daya yang menggagas keberadaan komunitas ini, guna memastikan efektifitas dan keberlanjutan kerja Komunitas Pemberdaya.

  • Peran pemakna dijalankan oleh anggota yang tersebar di berbagai daerah dan melakukan assessment terhadap kontribusi dan dampak dari hibah dalam konteks perjuangan setempat.
    Mitra strategis: Bestari