Tentang Give Back Sale

Penggalangan Dana Pundi Perempuan selama Kampanye 16 hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan: 25 November – 10 Desember 2018
November 25, 2018
Sumilah, Tentang Perempuan yang Tak Pernah Menyerah
December 3, 2018

Tentang Give Back Sale

 

 

#Tentang Give Back Sale

Apakah Give Back  Sale? Berikut adalah sejumlah pertanyaan dan jawaban seputar Give Back Sale yang dikelola oleh IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan) dan Komnas Perempuan yang bisa anda ketahui.

 

Apakah itu Give Back Sale?

Give Back Sale (GBS) adalah sebuah event penjualan barang-barang yang dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. Barang-barang yang dijual berupa: pakaian, sepatu, aksesories, dll. Event Give Back Sale ini diselenggarakan oleh IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan) dan Komnas Perempuan.

 

Mengapa Give Back Sale?

Give Back Sale diselenggarakan untuk membantu individu/ komunitas/ lembaga pengada layanan (Women’s Crisis Center/ WCC) yang membantu perempuan dan anak korban kekerasan, perempuan pekerja kemanusiaan, dan komunitas/ organisasi perempuan di Indonesia.. Jadi hasil penjualan Give Back Sale tersebut akan didonasikan untuk para perempuan korban melalui program Pundi Perempuan yang dikelola oleh IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan) bersama Komnas Perempuan. Pundi Perempuan merupakan women’s fund (dana hibah perempuan) pertama di Indonesia yang hadir dalam konteks persoalan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia dan dalam dinamika dana yang tersedia untuk perubahan sosial.

 

Bagaimana cara berkontribusi untuk Give Back Sale?

Kontribusi untuk Give Back Sale bisa dilakukan melalui 2 cara: menyumbang barang dalam Call for Donation (sebelum pelaksanaan Give Back Sale) atau membeli barang (pada saat pelaksanaan Give Back Sale)

 

Apakah masyarakat boleh datang dan berdonasi dalam Give Back Sale?

Masyarakat umum atau siapapun boleh berdonasi dalam Call for Donation. Untuk event Give Back Sale dalam waktu dekat ini, Call for Donation dibuka dari awal November hingga tanggal  3 Desember 2018.

 

Bagaimana cara berkontribusi untuk Call for Donation?

Untuk call for donation, masyarakat bisa mengirimkan barang-barangnya (pakaian, assesories, buku, dll) dan mengirimkan ke Kantor IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan) Jl. Cikini Raya 43 Jakpus
Telp (021) 3152726 dan melalui surel: info@indonesiauntukkemanusiaan.org  atau via telp. Luviana (08164809844)

 

Di manakah barang-barang donasi  akan dikumpulkan?

Barang-barang donasi dikumpulkan di kantor IKa (Indonesia untuk Kemanusiaan) jl. Jl. Cikini Raya 43 Jakpus, Telp (021) 3152726

 

Kapan dan di mana pelaksanaan Give Back Sale 2018?

Event Give Back Sale dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pada 13-15 Desember 2018 di Ke:Kini Jl. Cikini Raya 45, Menteng, Jakpus. Dalam event ini selain penjualan dan berdonasi barang, masyarakat juga bisa mengikuti sejumlah workshop berdonasi.

 

Bagaimana cara mengakses dan siapa saja yang boleh datang di event Give Back Sale?

Masyarakat luas atau siapapun boleh datang dalam event Give Back Sale. Dalam Give Back Sale, masyarakat yang datang akan membeli barang-barang yang disediakan. Dengan membeli barang-barang atau mengikuti workshop berdonasi, maka masyarakat akan berdonasi bagi para perempuan korban kekerasan di Indonesia.

 

Bagaimana sistem penyaluran donasi hasil Give Back Sale?

Donasi yang terkumpul kemudian didonasikan untuk program Pundi Perempuan. IKa dan Komnas Perempuan akan menyalurkan donasi tersebut dengan melalui sistem hibah terbuka yang kemudian disalurkan untuk lembaga pengada layanan yang selama ini mengelola rumah aman dan mendampingi para perempuan korban kekerasan.

 

Selain menyalurkan barang apakah kita bisa menyalurkan dana ke Pundi Perempuan?

Bisa. Kita bisa menyalurkan dana ke Pundi Perempuan melalui rekening Pundi Perempuan Rek. Mandiri: 123-000-529-000-4 atau Rek. BCA: 342-305-9008. Cara mengirimkannya: tambahkan kode nominal angka 1 di belakangnya. Misal: donasi Rp. 200.001 atau Rp. 250.001

 

Selain donasi dana,  apakah kita bisa berpartisipasi dalam bentuk yang lain untuk Pundi Perempuan?

Bisa. untuk dapat berpartisipasi, selain donasi barang dan dana, kita bisa menyumbang kerelawanan dalam bentuk tenaga atau keahlian

 

Mengapa kita perlu menyumbang melalui Give Back Sale?

Dengan menyumbang melalui Give Back Sale, maka kita akan membantu banyak perempuan dan lembaga pengada layanan perempuan untuk menuntaskan kasus-kasus kekerasan perempuan. Data dari Komnas Perempuan menyebutkan bahwa di tahun 2013 terdapat 279.688 kasus kekerasan terhadap perempuan, di tahun 2016 terdapat 321.725 kasus dan 348.446 kasus terjadi selama tahun 2017. Rata-rata mereka mengalami kekerasan fisik, psikis, ekonomi dan seksual. Dengan berdonasi melalui Give Back Sale, kita akan terhubung dengan para perempuan korban dan membantu mereka menyelesaikan kasus yang mereka alami.

 

Hingga sekarang sudah berapa individu/ lembaga pengada layanan yang dibantu melalui Give Bcak Sale Pundi Perempuan?

Saat ini kurang lebih sudah 80 individu/ komunitas dan pengada layanan untuk perempuan korban kekerasan seksual yang telah mendapatkan donasi dari Give Back Sale Pundi Perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *