komunitas pemberdaya

Komunitas Pemberdaya

Apa itu Komunitas Pemberdaya?

Komunitas Pemberdaya adalah ekosistem kolaboratif yang terdiri dari individu, kelompok maupun organisasi/lembaga yang bekerja sama secara aktif dan berkelanjutan dalam penggalangan, penyaluran, pengelolaan dan pemaknaan sumber daya publik untuk mendukung kerja-kerja kemanusiaan dan pelestarian alam.

Prinsip Komunitas Pemberdaya

Anggota Komunitas Pemberdaya bekerja berdasarkan prinsip-prinsip kesukarelaan, integritas, solidaritas, kesetaraan, keterbukaan dan keberagaman.

Peran Komunitas Pemberdaya

Sebagai ekosistem, setiap anggota komunitas pemberdaya merupakan simpul yang menjalankan peran-peran ini:

PENGARAH

Komunitas Pemberdaya yang merumuskan arah dan pengembangan kerja Pundi. Peran Pengarah dijalankan oleh Mitra Strategis Pundi, Mitra Pembelajar (Rukun Bestari), Pakar dan/atau Aktivis serta Perwakilan IKa untuk menentukan fokus perhatian yang relevan bagi IKa sebagai lembaga sumber daya.

PENGGALANG

Komunitas Pemberdaya yang mengumpulkan Catur Daya, baik yang berasal dari dirinya sendiri maupun dari jaringannya. Semakin beragam karekteristik Penggalang, semakin besar dan beragam potensi sumber daya yang dapat dijangkau oleh IKa. Peran Penggalang dijalankan oleh anggota yang memiliki atau menggalang sumber daya, dalam bentuk dana, pengetahuan, jejaring dan/atau kerelawanan, untuk dihibahkan guna mendukung kerja-kerja kemanusiaan dan pelestarian alam.

PEMANFAAT

Komunitas/organisasi yang menerima Catur Daya untuk kerja-kerja kemanusiaan dan pelestarian alam, termasuk individu (pekerja kemanusiaan/pembela HAM) dalam situasi darurat. Peran Pemanfaat dijalankan oleh anggota yang melakukan kerja-kerja kemanusiaan dan/atau pelestarian alam dengan hibah Catur Daya yang dimanfaatkan danbersedia untuk terus mengembangkan kapasitas hingga pada gilirannya dapat berperan sebagai Penggalang daya bagi individu, kelompok dan/atau organisasi/lembaga lainnya.

PEMAKNA

Komunitas pemberdaya yang terdiri dari orang-orang yang ditentukan tim pengarah melalui proses konsultatif untuk melakukan kontekstualisasi (secara geografis dan-atau tematik) dan refleksi terhadap kerja-kerja para Pemanfaat. Peran Pemakna dijalankan oleh anggota yang tersebar di berbagai daerah dan melakukan pemaknaan terhadap kontribusi dan dampak dari hibah dalam konteks perjuangan tertentu.

PENGELOLA

IKa sebagai lembaga sumber daya yang menggagas keberadaan komunitas ini. IKa memastikan efektifitas dan keberlanjutan kerja Komunitas Pemberdaya. Sebagai lembaga sumber daya, IKa memiliki tugas untuk:

  • Memfasilitasi peran Pengarah dalam merumuskan arah dan pengembangan fokus kerja IKa sebagai lembaga sumber daya
  • Memfasilitasi bertumbuh-kembangnya jumlah, keberagaman dan peran para Penggalang dalam Komunitas Pemberdaya guna mendorong penggalangan sumber daya yang optimal dan berkelanjutan
  • Menjalankan fungsi penyaluran sumber daya kepada para Pemanfaat dalam Komunitas Pemberdaya melalui proses seleksi yang kolaboratif dengan mitra-mitra yang kompeten, asistensi penyaluran hibah secara tepat sasaran, serta komunikasi tentang kemanfaatan hibah dan pembelajaran darinya
  • Mengelola peran serta para Pemakna yang tersebar di daerah-daerah di mana para Pemanfaat hibah Catur Daya bekerja.
  • Selalu dapatkan kabar terbaru dari kami!