Call for Proposal Hibah Pundi Hijau Tahun 2024

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) membuka kesempatan pengajuan Hibah Pundi Hijau bagi komunitas/organisasi untuk mendukung gerakan masyarakat di akar rumput di Indonesia yang berupaya mewujudkan keadilan iklim.

Untuk itu, kami mengundang komunitas/organisasi untuk mengajukan proposal Hibah Pundi Hijau di tahun 2024 dengan dana hibah maksimal sebesar Rp 30.000.000, – (Tiga Puluh Juta Rupiah). Dana hibah ini dapat digunakan untuk mendanai kerja-kerja perubahan iklim dalam konteks kedaulatan pangan dan inisiatif kesehatan berakar pada kearifan lokal.

Kriteria Penerima Dana Hibah Pundi Hijau: 

  1. Komunitas/organisasi masyarakat lokal dan organisasi berbasis masyarakat.
  2. Tidak sedang menerima dana bantuan program baik dari pemerintah maupun lembaga donor lainnya.
  3. Memiliki sistem kerja yang menjamin adanya akuntabilitas, dan diharapkan dapat menunjukkan kemampuan dalam menyusun laporan kegiatan dan keuangan dengan baik.
  4. Proposal yang diusulkan harus selaras dengan prinsip-prinsip keadilan iklim, mengatasi dampak perubahan iklim dalam konteks kedaulatan pangan dan inisiatif kesehatan yang berakar pada kearifan lokal, dan mengadvokasi solusi yang adil.
  5. Menyertakan dua nama referensi beserta kontak yang dapat dihubungi dalam proposal.

Mekanisme Pelaksanaan Penyaluran Hibah Pundi Hijau:

  1. Komunitas/organisasi mengajukan proposal melalui tautan berikut https://s.id/hibahPH2024
  2. Komunitas/organisasi dapat mengajukan proposal narasi dan anggaran untuk kegiatan selama 12 bulan untuk periode Februari 2024 – Januari 2025.
  3. Batas pengajuan proposal hibah Pundi Hijau adalah tanggal 31 Januari 2024.
  4. Proposal akan diseleksi oleh tim pengarah Pundi Hijau dan Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa)
  5. Pengumuman penerima hibah Pundi Hijau akan dilakukan pada bulan Februari 2024 di media sosial Indonesia untuk Kemanusiaan dan penerima hibah akan menerima email konfirmasi.
  6. Komunitas/organisasi terpilih bersedia mengirimkan cerita-cerita lapangan, laporan narasi kegiatan dan keuangan, beserta informasi pendukung lainnya.

Siapkan Kelengkapan Dokumen Pendukung untuk Diunggah Secara Online Meliputi:

  1. Foto/scan struktur komunitas/organisasi.
  2. Foto/scan rekening bank atas nama lembaga atau rekening tabungan dengan dua nama orang yang berasa dalam struktur lembaga/komunitas.
  3. Foto/scan identitas (KTP) Ketua dan Bendahara.
  4. Unggah proposal anggaran kegiatan sesuai dengan template yang diberikan.

Proposal yang masuk akan diseleksi oleh tim pengarah Pundi Hijau dan Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa).

*Klik link di bawah ini untuk pengisian proposal naratif dan template anggaran secara on-line:

19 thoughts on “Call for Proposal Hibah Pundi Hijau Tahun 2024

  1. halo kak untuk link template masih terkunci. Dan ingin bertanya untuk output dari program hibah ini apa ya kak? terima kasih

  2. Hallo, Min.
    Link unduh tidak bisa diakses, hanya pemilik formulir yang dapat mengakses. Ini bagaimana, ya? Terima kasih.

  3. Selamat malam kakak admin Hibah Pundi Hijau 2024,
    Perkenalkan saya Yani dari Yayasan Cahaya Maritim yang bergerak di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, kami sangat tertarik untuk melakukan kegiatan perubahan iklim dengan mengusung isu kedaulatan pangan lokal yang baik untuk kesehatan sejalan dengan pengolahan sesuai kearifan lokal,
    Namun kami kesulitan mengunduh template proposal naratif dan template anggaran online,
    Untuk itu mohon dibagikan link dan izin untuk dapat akses dokumen tersebut,

    Terimakasih.

  4. Selamat Pagi.
    Kami coba akses tapi blm masuk (harus meminta ijin terlebih dahulu)

  5. Kami Yayasan Peduli kemanusiaan akan ikut mengajukan Proposal untuk pembangunan Roemah Produksi sehingga layak dikunjungi oleh Masyarakat umum agar memperoleh banyak pengetahuan cara mengelolah sampah secara mandiri dan mengetahui penggunaan mikroba/ enzim untuk pertaniannramah lingkungan dan dunia kesehatan.

  6. Apakah harus konteks kedaulatan pangan dan inisiatif kesehatan berbasis kearifan lokal? Apa bisa konteks lain yang masih berkaitan dengan krisis iklim?

  7. Kami kelompok disabilitas
    belum pernah mendapat dana hibah baik dari pemerintah maupun dari swasta.

    Mohon perhatian untuk bantuan agar usaha maggot kami bisa berkembang dan bisa membantu orang banyak untuk meningkatkan ekonomi keluarga khususnya kaum disabilitas.

  8. alhamdulillah kami dari lkp komunitas demak sudah kirim proposalnya malam ini……. mohon bisa berkabar ya mind….. terima untuk program pundi hijau 2024…… semoga bisa diterima dan memberikan manfaat untuk lingkungan dan masyarakat kami

    1. Terima kasih kak sudah apply proposal, yang akan kami hubungi nanti, yaitu komunitas yang terpilih. Semoga dari lkp menjadi salah satunya ya. Terima kasih

  9. S’lamat siang kak admin I Hibah Pundi Hijau Tahun 2024, perkenalkan saya Leo dari Perwakilan Lembaga Organisasi Msyarakat Dewan Pimpinan Daerah , “Gerakan Indonesia Anti Narkotika, ( GIAN ) kab Sintang, Kec Sintang, Kalimantan Barat.,Kusususnya Kota Sintang dan Kab Sintang, kami sangat tertarik untuk melakukan kegiatan nantinya apabila pengajuan proposal kami lolos. Semoga bisa diterima dan memberikan manfaat untuk lingkungan masyarakat kami.

  10. Selamat malam, kami dari kelompok tani hutan Tanjung lestari, desa tanjung agung, kec banding agung, kab oku selatan, sumsel. Sangat tertarik dgn program ini, apakah masih bisa ikut serta? Saat ini? Terimakasih.

  11. Dear Pundi Hijau. Kami dari Yayasan Payung Perjuangan Humanis Indoensia (PAPHA Indoensia) Berdasarkan pengumuman di instagram dan medi publikasi IKA, yaysan PAPHA Indonesia terpilih sebagai salah satu penerima hibah tahap 1. Kami mohon informasi mengenai proses atau tahapan selanjutnya setelah pengumuman ini.

  12. Saya mubrenovasi rumah tapi gk punya dana.saya dari ketaon rt17 rw03 banyudono boyolali.rumah blm di plester.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selalu dapatkan kabar terbaru dari kami!